Lebih Bagus Greenwool atau Rockwool? Ini Masing-masing Kelebihannya

Lebih Bagus Greenwool atau Rockwool? Ini Masing-masing Kelebihannya

Baik rockwool maupun greenwool adalah sama-sama sebagai bahan peredam suara. Rockwool merupakan bahan peredam suara yang bahannya terbuat dari batu-batuan. Cirinya dikemas dalam bentuk seperti selimut tebal yang berwarna abu-abu atau kuning.

Di pasaran, rockwool dijual dalam bentuk lembaran jika ingin membelinya secara eceran. Bila anda ingin memberikan dalam jumlah besar, maka anda akan mendapatkan rockwool dalam bentuk roll serta lembaran yang berkemasan plastik. Ketebalannya mulai dari 25 mm – 100 mm yang densitas permukaannya mulai dari 30g/m persegi hingga 100 g/m persegi.

Rockwool ini merupakan produk serat ringan yang dirancang sebagai bahan peredam suara seta isolasi terhadap panas. Ada dua jenis rockwool yang ada di pasaran Indonesia, yakni rockwool tanpa merk dan rockwool impor yang memiliki merk. Perbedaannya untuk kedua jenis ini dari segi harga tidak terpaut jauh. Hanya saja peredam suara rockwool tanpa merk jelas kualitasnya kurang baik sehingga jika dipakai untuk proyek yang mensyaratkan keamanan dan kesehatan tidak disarankan. Biasanya bahan ini dipakai untuk proyek-proyek yang anggarannya tidak terlalu tinggi.

Kelebihan dari rockwool sebagai bahan peredam suara diantaranya:

  1. Memiliki ketebalan tertentu dan juga densitas permukaannya saat dipasang di suatu ruangan mampu menahan suara yang masuk sehingga tidak akan membuat suara itu keluar, karena daya serapnya yang tinggi,
  2. Sebagai bahan peredam suara, rockwool lebih praktis untuk proses pemasangannya. Karena berbentuk lembaran dan memudahkan untuk proses instalasinya.
  3. Harganya yang lebih terjangkau sehingga dengan rockwool ini tentu akan menghemat biaya pemasangan.

Dibandingkan rockwool ternyata masih ada satu bahan peredam suara yang lebih baik dipakai yaitu, greenwool.

Greenwool dibuat dari serat fiber polyester yang berbahan dasar fiber seperti yang dipakai untuk pembuatan sofa, bantal sehingga mudah diaplikasikan dan lebih ramah lingkungan. Greenwool memiliki durability yang tinggi dan lebih baik dibandingkan rockwool. Greenwool dapat dikatakan sebagai bahan peredam suara revolusioner yang menjadi pengganti dari rockwool.

Adapun kelebihan dari greenwool adalah:

  1. Kemampuannya menyerap suara lebih aktif dibandingkan rockwool.
  2. Mampu menolak air dan kelembapan sehingga aman dari jamur.
  3. Proses pengerjaannya tidak menyebabkan kotor sehingga aman dan selalu bersih.