3 Kelebihan Rockwool Dibandingkan Busa Telur Untuk Meredam Suara

rockwool-depok

Bahan peredam suara merupakan sebuah alat atau bahan yang mampu menahan suara baik dari luar maupun dari dalam ruangan. Bisa disimpulkan bahwa bahan peredam suara ini memiliki fungsi untuk menahan suara supaya tidak bocor baik keluar maupun masuk ke dalam ruangan. Bahan peredam suara ini dibedakan dengan menggunakan bahan yang mampu menyerap suara dimana umumnya dikenal sebagai peredam gema ruangan. Bila peredam tersebut dipasang untuk menahan suara baik dari dalam atau luar ruangan, maka bahan peredam tersebut merupakan bahan yang menyerap kelebihan suara di dalam ruangan.

Salah satu bahan peredam suara yang banyak digunakan adalah rockwool. Rockwool terbuat dari bahan dasar berbagai jenis batuan. Ciri-cirinya menyerupai selimut tebal dengan warna abu-abu atau kuning. Bahan ini banyak dijual di pasaran dalam bentuk lembaran untuk eceran sedang untuk pembelian dalam partai besar anda bisa mendapatkan dalam bentuk roll atau dalam kemasan plastik.

Ketebalan yang dimiliki rockwool mulai dari 25 mm hingga 100 mm yang densitas permukaannya mulai dari 30 g / meter persegi hingga 100 g / meter persegi. Bahan rockwool ini merupakan produk serat mineral ringan yang dirancang sedemikian rupa untuk meredam berbagai suara. Ada dua jenis rockwool yang dijual di Indonesia, yaitu rockwool tanpa brand dan menggunakan brand. Perbedaan keduanya cukup jauh dari segi harga pastinya.

Menggunakan rockwool sebagai bahan peredam suara ternyata lebih unggul dibandingkan menggunakan busa telur. Berikut ini ada 3 kelebihan menggunakan rockwool sebagai bahan peredam suara dibandingkan busa telur.

  1. Bahan rockwool yang memiliki ketebalan tertentu serta densitas permukaan tertentu ketika dipasang di suatu ruangan mampu menahan suara yang masuk sehingga tidak membuat suara tersebut keluar karena memiliki tingkat penyerapan suara yang lebih tinggi dibandingkan busa telur.
  2. Sebagai bahan peredam suara, rockwool memiliki kelebihan lebih praktis dalam proses pemasangannya dibandingkan busa telur. Mengapa demikian? Karena bentuknya yang lembaran tentu untuk instalasinya lebih praktis dan mudah.
  3. Lebih terjangkau dibandingkan busa telur. Menggunakan busa telur untuk meredam suara tentu membutuhkan banyak sekali busa telur yang akan dipakai, dengan menggunakan rockwool hal itu tidak akan terjadi karena anda bisa mendapatkannya dalam bentuk roll yang pastinya ukurannya lebih besar.